FUNGSI AIR MATA DAN MENJAGA KESEHATAN MATA


1. Membantu Penglihatan
http://th09.deviantart.net/fs31/300W/i/2008/216/0/6/And_the_voice_that_made_me_cry_by_4ewerFairy.jpg
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang.. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur dan juga akan membuat penglihatan anda menjadi fresh.. jadi cara penangkal rabun itu nangis..???


2. Membunuh Bakteri
http://idmgarut.files.wordpress.com/2009/02/kl05.jpg
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami.. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% - 95% bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.. jadi kalo mata kamu lagi sakit ato perih, mendingan nangis guys..


3. Meningkatkan Mood
http://anatriera.files.wordpress.com/2008/10/2295705843_02bdbd92bd.jpg
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali.. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.. nah, jadi kalo mau nangis, nangis aja cuy.. gak usah ditahan gara" malu..


4. Mengeluarkan Racun
http://gideonagusswt.files.wordpress.com/2009/06/air-mata.jpeg
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.. jadi itu tanda ny nangis itu sehat guys .


5. Mengurangi Stres
http://sabilarosyad.files.wordpress.com/2009/07/airmata.jpg
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres..? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi..


6. Membangun Komunitas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikQ_iwOqqo-z655ld4UiKMfB9sKGSYGRBrwb4DqLdq3R7iARESngwDeOiw2BxS6FTQ4bmqax5wcb0aXVsmWqmkZaI8L0UIQWbHC0CVbAl6JnEVoKJtb3SLw9bYpC1BGDuSF1nutV3Io4_L/s400/44398563+-+Air+Mata+Anak-anak+Palestina.jpg
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas.. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.. ya istilah ny curhat lah
7. Melegakan Perasaan
http://niken2887.files.wordpress.com/2009/06/334645-4-crocodile-tears.jpg
Semua orang rasanya merasa demikian.. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena agan sewaktu-waktu bisa menangis meledak-ledak..

tapi bukan berarti kita haru setiap hari nangis .. kalau lagi ngak mood nangis dulu ..nangis juga karna ada sebabnya .. tapi penjelasan di atas menerangkan manfaat air mata ...

dan bukan sekedar menagis saja kita juga perlu menjaga kesehatan mata ..
Berikut adalah tips untuk menjaga agar kesehatan mata Anda tetap terjaga.:


1. Istirahatkan mata Anda.

Alihkan pandangan dari monitor komputer setiap 15 menit sekali dengan memandang ke luar jendela atau ke sudut ruangan atau objek yang jauh selama lebih kurang 10 menit. Jika perlu, pasang reminder untuk mengingatkan Anda agar berkedip karena mata yang terlalu fokus ke monitor komputer, cenderung lupa untuk berkedip. Cara mudah lain adalah dengan memejamkan mata Anda selama 20 detik.

2. Perhatikan posisi duduk Anda dan posisi mata terhadap monitor computer.

Letakkan monitor komputer Anda sejajar atau lebih rendah dengan level mata Anda. Posisi monitor yang lebih rendah dari level mata akan meningkatkan produksi air mata dan menenangkan mata yang lelah. Penelitian juga menunjukkan bahwa letak monitor yang rendah akan mengurangi kelelahan di otot leher, meningkatkan attention span dan secara keseluruhan memberikan rasa nyaman bagi pengguna komputer.

3. Perhatikan penerangan di ruangan kerja Anda.Hindari bekerja di ruangan yang mempunyai penerangan kurang dari 200 lux. Penerangan berlebihan juga tidak bagus untuk mata. Sumber cahaya sebaiknya datang dari sisi monitor dengan cahaya yang lembut. Kurangi juga tingkat brightness dari monitor Anda. Hal ini akan membuat mata terasa lebih nyaman.

4. Take a Break.
Setelah bekerja di depan komputer selama 90 menit sampai 120 menit, Anda perlu istirahat selama 10 – 20 menit. Bangun dari kursi Anda untuk berjalan-jalan dan lakukan relaksasi sederhana untuk melemaskan otot-otot yang tegang.
5. Biasakan untuk memeriksakan kesehatan mata Anda paling tidak setahun sekali.
Dengan demikian masalah penglihatan akan cepat terdeteksi dan dapat segera di ambil tindakan untuk mengatasinya.

6. Penuhi kebutuhan nutrisi mata Anda.
Usahakan untuk selalu makan makanan yang kaya akan carotenoids seperti wortel, melon berwarna kuning, dan peach. Lutein dan zeaxanthin adalah dua zat yang dapat ditemukan di labu, sayuran berwarna hijau yang akan melindungi retina dari kerusakan. Vitamin C yang dapat ditemukan di sayuran berdaun hijau, segala jenis beri dan jeruk, adalah antioksidan yang juga bisa membantu untuk melindungi mata dari serangan katarak. Sedangkan Vitamin E adalah antioksidan yang juga melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin E bisa ditemukan di biji-bijian, minyak sayur dan sayuran hijau.

Vitamin B adalah vitamin yang menyokong kerja syaraf, termasuk syaraf penglihatan. Vitamin ini dapat ditemukan di whole grains, sayuran segar dan buah-buhan. Sebagai pilihan, Anda juga bisa mengkomsumsi suplemen yang mengandung vitamin B sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar